Minggu, 22 November 2015

Cara Melakukan Teknik Focus dan Recompose

| |

Teknik fokus dan recompose adalah salah satu trik yang membantu fotografer untuk menyusun komposisi yang enak secara cepat namun masih tetap bisa mengatur titik fokus dan mendapat ruang tajam yang pas. teknik focus dan recompose ini biasanya dipakai saat pusat perhatian foto ingin kita tempatkan di ujung frame, entah di pojok kanan, kiri atas atau bawah.
Trik fotografi teknik focus recompose
Contoh foto seperti di atas adalah saat yang pas menggunakan teknik fokus dan recompose.

Arti recompose ?

Dalam term fotografi, recompose adalah menata lagi komposisi foto. Oke, belfot kasih contoh:
Mari kita menciptakan model fantasi keren bernama Budi. Saat memotret Budi, anda menempatkan wajah si Budi di tengah frame agar mudah mengunci fokus. Namun jika wajah si Budi yang ada di tengah frame membuat foto membosankan, kita lalu ingin menempatkan wajah Budi di pojok kiri atas. Ingat aturan rule of thirds?
Inilah yang disebut recompose. Sebagai analogi: anda menata kamar ala kadarnya lalu menyadari ternyata tidak memuaskan, lalu memutuskan menata ulang kamar tersebut supaya lebih enak.

Buat apa recompose?

Kenapa harus melakukan recompose segala? kenapa tidak kita sejak awal? Bukankah kita bisa meletakkan wajah Budi sejak awal di pojok sesuai keinginan?
Well, jawabnya sih bisa. Namun secara praktek di lapangan, letak titik fokus kamera tidak semudah dan secepat itu dipindah-pindahkan. Lagipula, coba amati contoh titik fokus kamera seperti terlihat di viewfinder kamera DSLR Nikon D5000 dan Canon 70D berikut ini:
Viewfinder titik fokus dslr
Kita “dipaksa” mengikuti bidang fokus yang cukup sempit dan tidak mencakup pojokan frame seperti keinginan kita. Kita “diarahkan” oleh produsen kamera untuk menempatkan wajah Budi di area yang cukup sempit dalam frame viewfinder.
Akan ada jeda waktu saat kita harus memindahkan titik fokus atau mengganti mode fokus saat harus memotret dengan cepat atau kehilangan momen bagus saat Budi sedang nyengir lucu. Lagi pula, di kamera mana pun, titik tengah adalah titik fokus paling akurat dan cepat mengunci fokus.
Saat berada di situasi dimana kondisi cahanya tidak memadai, agar cepat mendapatkan titik fokus kita seringkali harus memilih titik fokus tengah yang paling sensitif cahaya.
Jadi dalam banyak situasi, teknik fokus lalu recompose adalah pilihan paling cepat dan paling sering diandalkan. Saat dilakukan dengan benar, teknik ini bisa membantu kita memotret momen dengan lebih cepat dan tetap mendapatkan fokus yang tajam.

Cara Melakukan Teknik Fokus dan Recompose

Ada beberapa cara untuk melakukan teknik fokus dna recompose ini. Berikut diantaranya:

a. Dengan Mode One Shot AF-S atau Single Servo AF-S

Cara paling mudah dan cepat adalah dengan memilih mode fokus Single Servo atau One Shot atau tergantung jenis kamera anda, pokoknya pilihlah mode dimana kamera akan mengunci fokus hanya saat kita memencet separuh tombol shutter.
Taruh titik fokus di tengah-tengah, arahkan kamera ke subjek foto, kunci lah fokus dengan memencet separuh tombol shutter dan pastikan titik fokus sudah berkedip/atau mengeluarkan suara bip..bip tanda fokus sudah oke, lalu arahkan lakukan komposisi ulang sesuai selera baru kemudian pencet-lah tombol shutter sepenuh hati ke bawah.
Cara ini cocok dipakai saat model yang anda foto tidak anteng dan tidak banyak gerak.

b. Dengan menggunakan Autofocus Lock

Cara kedua adalah dengan memanfatkan tombol autofocus lock yang tersedia di semua kamera DSLR maupun mirrorless. Di Nikon ditandai AF-L/AE-L, di Canon ditandai tandai asterisk ():

Tombol af l ae l nikon canon dslr
Tombol ini dirancang untuk mengunci fokus sekaligus mengunci metering cahaya pada subyek foto. Cara menggunakannya adalah: kuncilah fokus dengan memencet tombol shutter. Setelah fokus terkunci, tanpa melepas setengah shutter, tekanlah tombol AE-L atau tombol tanda asterik tadi lalu lakukan recompose foto. Ukuran exposure and tidak akan berubah dan fokus akan tetap berada di subyek foto awal.

c. Dengan teknik back-button focus atau tombol AF-ON

Trik back button focus
Cara terakhir dan paling cepat adalah dengan memanfaatkan tombol AF-ON, cara ini sering dinamai dengan teknik back button focusing. Belfot pernah mengulas lebih rinci tentang teknik ini dalam artikel ini.
Namun kalau mau diulang secara ringkas, intinya dengan tombol AF-ON kita menghilangkan langkah memencet setengah tombol shutter untuk mencari dan mengunci fokus. Cukup pencet tombol AF-ON, maka kamera akan mencari dan mengunci fokus lalu untuk mengambil eksposure kita tinggal pencet tombol shutter sepenuh hati. Dalam artikel tentang AF-On/back button focus semua sudah diulas dan bagaimana cara menyetelnya jika di kamera anda tidak terdapat tombol AF-ON dan juga bagaimana memakainya juga sudah diterangkan, jadi silahkan dibaca kembali.


Nah, selamat mencoba dan mempraktekkan teknik focus dan recompose ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll

About

Blog Archive

Archives

Diberdayakan oleh Blogger.

Love Reading


Pages

 

Designed by: Compartidísimo
Images by: DeliciousScraps©